Advertiser 2
7
Ahad, November 07, 2010 Post By: Tan Sri Kroll™

Bahaya Terlebih Tidur



Terlalu banyak tidur atau tidur lebih dari lapan jam sehari tak hanya akan membuatkan anda dicap sebagai pemalas tapi juga bisa membuat Anda meninggal dengan cepat. Wah...!

Penelitian yang dilakukan oleh Institusi American Cancer Society ini melibatkan 1000 orang sukarelawan dari beberapa negara bahagian di Amerika, dan berhasil mengungkapkan bahwa orang yang tidur lapan jam sehari ternyata berisiko 12% meninggal lebih cepat. Risiko ini meningkat menjadi 17% pada orang-orang yang tidur sembilan jam sehari. Risiko kematian yang paling besar terjadi pada seseorang yang tidurnya mencapai sepuluh jam sehari, yaitu mencapai 34%.

Mengapa tidur lebih dari lapan jam sehari tidak dianjurkan? Profesor Daniel F. Kripke, salah seorang peneliti mengatakan bahwa terlalu banyak tidur sama seperti terlalu banyak makan. Tubuh tidak memerlukan lebih dari yang ia perlukan, terlalu banyak tidur hanya akan membuat organ tubuh menjadi lemah. "Sebaiknya setiap orang mempunyai kebiasaan tidur 6,5 jam sehari, tapi harus tidur yang berkualiti. "Tak ada alasan untuk menambah jam tidur, tubuh akan memberitahu kita berapa banyak jam yang ia perlukan untuk beristirehat, " ujar Prof. Daniel.Jadi, merujuk pada penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahawa tidur tujuh jam sehari adalah yang terbaik. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tubuh paling merasa nyaman jika hanya tidur selama tujuh jam. Tiada masalah juga jika tidur kurang dari tujuh jam sehari. Misalnya, enam atau lima jam sehari.
"Tapi ingat, tidak baik bagi kesihatan apabila Anda terus menerus tidur kurang dari lima jam sehari dalam waktu yang cukup lama," ujar Prof. Daniel mengingatkan.

"Kalau selama ini Anda tidur lebih dari yang diperlukan oleh tubuh, maka mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut. Tidurlah yang berkualiti dan yakinlah bahwa tidur selama tujuh jam sehari telah mencukupi dan membawa impak yang positif bagi kesihatan Anda," ujarnya.

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan,


“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.

Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :
[1] tidur ketika sangat perlu
[2] tidur di awal malam (ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam)
[3] tidur di pertengahan siang (ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan petang)
Apalagi di waktu pagi dan petang sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu Asar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai solat subuh hingga matahari terbit. Karana pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang solih. Sehingga apabila mereka melakukan 
perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mahu tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).”



  1. aku memang jenis tak kisah bangun awal tapi memang suka tido awal. dan tak reti tido siang :)

  1. info tentang kurang tidur di SIHAT SELALU - Kanser Angkara Kurang Tidur

  1. adoi...
    diri nie dah terlebih tido...
    especially bile start semester break nie...

  1. mintak kongsi entry ni ye :D

  1. Tanpa Nama

    syukran...

  1. Tanpa Nama

    saya slalu tdo 8 jam....kalo saya tdo 5 atau 4 jam shari sayan rs penat...tp bla cuti saya mesti tdo melebihi 9 jam...paling saya pelik bila saya terlalu penat saya tdo melebihi 12 jam...pernah saya tdo 18 jam satu hari....adakah ia akan memberi kesan kt saya

  1. Tanpa Nama

    Sy selalu tidur ikot suke aty....kadang skit pale nie....takot jgkkk....tp dah biase cm ne yek???nk kurang kan..

This is a moderated blog,we will review comments for posting within 24hour.We do not discriminate against any views, but we reserve the right not to post comments.

Thank You for Your Incredible Support.

Related Posts with Thumbnails
Copyright Reserved KROLL, KHAIRUL & KEYROLL 2010.
Design by: Tan Sri Dato' Dr.Khairul | MBBS | supported by Nuffnang